Jumat, 27 April 2012

Ekstrakurikuler Di SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo


        Ada banyak ekstrakurikuler di SMKN 1 Buduran Sidoarjo yang mana bisa menampung minat dan hobi para murid di sekolah ini. Ekstrakurikuler yang aktif dan banyak diminati pelajar SMKN 1 Buduran ini adalah ekstrakurikuler pencinta alam atau biasa disebut dengan Skibpala.
            Mengapa banyak yang berminat pada ekstrakurikuler ini? Faktor hobi, keingintahuan serta dorongan untuk mengembangkan diri merupakan alasan yang tepat jika pelajar di sekolah ini memilih ekstrakurikuler ini. Meskipun begitu anggota skibpala didorong oleh pembina skibpala untuk mengikuti ekstrakurikuler lainnya di SMKN 1 Buduran Sidoarjo, antara lain ekstrakurikuler Pramuka, PMR, kesenian Teater (Smaraganesa), kesenian (tari, paduan suara dll), Paskibraka (Kopaskara), keolahragaan (Futsal, bulu tangkis, voli, basket dll), kerohanian (Rebana dll), Bartender, Bahasa, Siaran (Radio putri Jenggala) serta organisasi intra sekolah OSIS.
            Bagi pelajar yang mengikuti ekstrakurikuler pencinta alam (Skibpala) didorong untuk mengikuti ekstrakurikuler lainnya adalah agar anggota memiliki wawasan serta pergaulan di berbagai kalangan. Karena itu tidak heran jika anggota skibpala ada di mana-mana. Hal itu dikarenakan pendidikan di skibpala bertujuan untuk membentuk kepribadian, kepemimpinan, manajemen diri, pengasahan mental dan skill dalam asas persaudaraan yang solid antar anggota.
            Oleh karena itu bagi pelajar SMKN 1 buduran yang ingin mengikuti ekstrakurikuler pencinta alam (Skibpala) tidak akan merasa terikat dan terkekang sehingga bisa aktif diekstrakurikuler yang lain. Hal ini sesuai dengan tujuan organisasi yakni kearah perbaikan dan sosial.
            Skibpala merupakan ekstrakurikuler yang termuda akan tetapi berkat para anggotanya yang memiliki loyalitas dan solidaritas amal maka dengan ijin Allah skibpala menjadi satu-satunya ekstrakurikuler dalam bentuk organisasi dan memiliki AD/ART serta sekretariat yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi anggotanya berkreasi. Skibpala juga satu-satunya ekstrakurikuler yang dalam setiap kegiatannya tidak pernah meminta uang sekolah dikarenakan kurang jelasnya anggaran dana dari sekolah per tahun yang diberikan pada setiap ekstrakurikuler.
            Dengan adanya ke tidak jelasnya kegiatan ekstrakurikuler di SMKN 1 buduran ini juga mendorong anggota skibpala untuk memberikan masukan kepada wakasek untuk memberikan wadah sekretariat bersama dan dana intensif bulanan bagi ekstrakurikuler yang ada di SMKN 1 Buduran. Hal ini jika memang SMKN 1 buduran sudah terstandarisasi ISO.
            


Salam Lestari. . .(Semua OPA di Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar