Jumat, 11 Mei 2012

SK 7

Sejarah
Diawali dari perjalanan sejarah perjuangan skibpala sebagai organisasi dalam ekstrakurikuler pencinta alam di SMKN 1 Budurdan Sidoarjo yang kini bergerak secara independen dalam setiap gerak langkahnya maka perlu dibentuk badan di bawah sie sk.police yang bertugas sebagai tim khusus guna untuk menjalankan misi khusus demi berlangsungnya eksistensi skibpala sampai waktu yang tidak ditentukan.

Tim khusus itu adalah SK.7 yang bernafaskan Soliditas, Solidaritas dan Loyalitas terhadap Skibpala, tim ini beranggotakan para anggota skibpala bukan yang terbaik tetapi yang berusaha untuk selalu lebih baik sebagai wujud dan bukti Soliditas, Solidaritas dan Loyalitas terhadap organisasi skibpala. Tim ini akan selalu ada sampai kapanpun skibpala ada. Dalam setiap langkahnya SK.7 selalu memprioritaskan kepentingan skibpala dan para anggota skibpala (persaudaraan skibpala) sehingga Soliditas, Solidaritas dan Loyalitas ditekankan penuh terhadap SK.7.

Tugas
Tugas Pokok :
Sebagai bagian dari anggota skibpala, tugas pokok SK.7 adalah mempertahankan eksistensi skibpala berdasarkan AD/ART serta melindungi segenap keselamatan anggota skibpala dari segala bentuk ancaman dan gangguan dari dalam maupun dari luar organisasi.

Tugas-Tugas :
1.      Melaksanakan tugas SK.7 dibidang  pertahanan, perlindungan dan eksistensi skibpala, yaitu dengan melakukan Operasi Pertahanan SK.7 (OPSK.7), Operasi Perlindungan Anggota Skibpala SK.7 (OPASSK.7), Operasi Intelejen SK.7 (OISK.7) dan Operasi Diklat Doktrin Anggota Skibpala (ODDASSK.7).
2.      Melaksanakan tugas SK.7 dalam menjaga keamanan dan keutuhan skibpala: yaitu dengan melakukan segala upaya, pekerjaan, dan kegiatan untuk menjamin tegaknya eksistensi dan keselamatan anggota skibpala di mana saja dan kapan saja dari segala bentuk ancaman dan pelanggaran.
3.      Melaksanakan tugas SK.7 dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan SK.7, yaitu dengan melakukan segala upaya, pekerjaan, dan kegiatan untuk mewujudkan penampilan postur SK.7 yang merupakan keterpaduan kekuatan, kemampuan, dan gelar kekuatan skibpala serta tersusunnya komponen cadangan dan komponen pendukung eksistensi skibpala.

Jati Diri SK.7
Jati diri SK.7 terbentuk oleh proses perjuangan panjang anggota skibpala pada umumnya dan perjuangan SK.7 pada khususnya dalam mempertahankan dan menegakkan kedaulatan, keutuhan serta eksistensi Skibpala yang menunjukkan Soliditas, Solidaritas dan Loyalitas SK.7 sebagai Tim Khusus Skibpala.

Peran SK.7
Peran SK.7 adalah bagian dari Skibpala yang berperan sebagai alat organisasi di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan pembina dan ketum, yaitu sebagai :
-   Penangkal terhadap setiap bentuk ancaman dan gangguan dari luar dan dalam organisasi terhadap eksistensi dan keselamatan anggota skibpala.
-   Penindak terhadap setiap bentuk ancaman dan pelanggaran sebagaimana dimaksud pada Tatib dan AD/ART
-   Pemulih terhadap kondisi eksistensi dan keamana skibpala yang terganggu akibat kekacauan keamanan

Kode Etik Anggota SK.7
Sapta Marga :
1.      Kami SK.7 yang bersendikan persaudaraan dan cinta kasih anggota Skibpala.
2.      Kami SK.7 pendukung serta pembela eksistensi Skibpala, yang bertanggung jawab dan tidak mengenal menyerah.
3.      Kami SK.7 yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta membela kejujuran, kebenaran, dan keadilan.
4.      Kami SK.7 adalah bhayangkari Skibpala
5.      Kami SK.7, memegang teguh disiplin, patuh dan taat kepada pimpinan serta menjunjung tinggi sikap dan kehormatan anggota SK.7.
6.      Kami SK.7, mengutamakan keperwiraan di dalam melaksanakan tugas serta senantiasa siap sedia berbakti kepada Skibpala.
7.      Kami SK.7 setia dan menepati janji serta Sumpah SK.7.

Sumpah SK.7 :
1.      Setia kepada Skibpala yang berdasarkan AD/ART.
2.      Tunduk kepada peraturan dan memegang teguh disiplin SK.7.
3.      Taat kepada atasan dengan tidak membantah perintah atau putusan.
4.      Menjalankan segala kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab kepada anggota skibpala (persaudaraan skibpala) dan Organisasi Skibpala.
5.      Memegang segala rahasia SK.7 sekeras-kerasnya.

7 Wajib SK.7
1.      Bersikap ramah tamah dan sopan santun terhadap anggota skibpala.
2.      Menjunjung tinggi kehormatan anggota skibpala.
3.      Menjaga kehormatan diri di muka umum.
4.      Senantiasa menjadi contoh dalam sikap dan kesederhanaanya.
5.      Tidak sekali-kali merugikan anggota skibpala.
6.      Tidak sekali menakuti dan menyakiti hati anggota skibpala.
7.      Menjadi contoh dan  mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan anggota skibpala sekelilingnya.

Visi, Misi, dan Motto SK.7
Visi
Bagaikan air jernih menghanyutkan, Soliditas, Solidaritas dan Loyalitas

Misi
-   Mewujudkan kekuatan, kemampuan dan gelar kekuatan jajaran SK.7 yang solid dan loyal dalam penyelenggaraan eksistensi Organisasi Skibpala.
-   Meningkatkan dan memperkokoh jatidiri SK.7 yang tangguh, yang memiliki keunggulan moral, rela berkorban dan pantang menyerah dalam menjaga eksistensi skibpala dan mempertahankan integritas keutuhan Organisasi Skibpala berdasarkan Sapta Marga dan Sumpah SK.7.
-   Mewujudkan kualitas SK.7 yang memiliki penguasaan ilmu dan keterampilan SK.7 melalui pembinaan doktrin, pendidikan dan latihan yang sistematis, dan meningkatkan kesejahteraannya.
-   Mewujudkan kesiapan operasional penindakan ancaman eksistensi Organisasi Skibpala baik dalam bentuk ancaman internal maupun eksternal.
-   Mewujudkan persaudaraan skibpala sebagai roh kekuatan SK.7 dalam upaya pertahanan eksistensi Organisasi Skibpala

Motto
Soliditas, Solidaritas dan Loyalitas (S2L)

Spesifikasi
Keahlian          : Doktrinasi, Mata-mata, Sabotase dan intelejen
Serangan          : Gerilya
Beladiri            : Perisai diri
Motto               : Bagaikan air jernih menghanyutkan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar